DetikHot

art

Ngobrol Bareng Editor Komik Marvel, C.B Cebulski

Jumat, 12 Jan 2018 18:50 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Ngobrol Bareng Editor Komik Marvel, C.B Cebulski Ngobrol Bareng Editor Komik Marvel, C.B Cebulski Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Nama C.B Cebulski makin dikenal setelah menjabat sebagai Editor in Chief Marvel Comics menggantikan Axel Alonso. Banyak yang bertanya-tanya rencana apa saja yang akan terjadi di salah satu industri komik terbesar di dunia.

Perjalanan C.B Cebulski di Marvel Comics bukan hitungan jari. Semasa hidupnya dia sudah bekerja di perusahaan yang menjadi impiannya. Kepada detikHOT, C.B Cebulski berbincang mengenai kariernya di Marvel, rencananya, sampai perjalanan mencari talenta-talenta lokal.

"Sejak kecil saya sudah suka Spiderman dan setiap tahun karakter Marvel favorit saya terus berubah," ujarnya saat ditemui di Universitas Bina Nusantara (Binus), Jakarta Barat, Jumat (12/1/2018).



Setelah lulus dari Universitas Tufts, Cebulski hijrah ke Jepang dan bekerja sebagai mangaka (komikus) selama empat tahun. Dia pun kembali ke Amerika dan menjadi editor pertama yang bekerja langsung dengan seniman manga dari Jepang. C.B Cebulski pun menjadi editor untuk pasar Jepang, Eropa, dan Amerika selama beberapa tahun.

Ngobrol Bareng Editor Komik Marvel, C.B CebulskiNgobrol Bareng Editor Komik Marvel, C.B Cebulski Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Perjalanan C.B Cebulski membawanya dipromosikan sebagai Vice President - International Development & Brand Management. Pada November lalu, dia dipromosikan menjadi editor komik.

"Ketika posisi editor komik dibuka, tim Marvel dan Disney datang kepadaku dan mengatakan Marvel mulai tumbuh secara global. Mereka bilang kalau butuh orang yang punya wawasan komik secara global untuk mengembangkan cerita," tutur penulis komik 'Marvel Fairy Tales'.



Ketika posisi berhasil diterimanya, dia tak menyangka. "Awalnya aku sangat terkejut, takut. Karena posisi ini adalah impian semua orang."

Lewat posisi ini, dia menentukan visi kreatif bagi Marvel Comics, alur cerita termasuk menyeleksi dan membawa seniman-seniman seluruh dunia untuk bergabung di Marvel Comics.

Sebelumnya, C.B Cebulski juga pernah membuat identitas palsu atas nama Akira Yoshida dan menerbitkan sejumlah judul komik. Di antaranya adalah 'Thor: Son Of Asgard', 'Elektra: The Hand', dan seri 'X-Men'. Sebagai seorang penulis komik dia berkontribusi dalam komik 'Marvel Fairy Tales', 'X-Men Fairy Tales', 'Spider-Man Fairy Tales', dan 'Avengers Fairy Tales'.

Saksikan video 20detik untuk melihat wawancara dengan Editor in Chief Marvel Comics, C.B Cebulski di sini:
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed