DetikHot

art

Lukisan Termahal di Dunia 'Salvator Mundi' Menuju Louvre Abu Dhabi

Kamis, 07 Des 2017 10:05 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Termahal di Dunia Salvator Mundi Menuju Louvre Abu Dhabi Lukisan Termahal di Dunia 'Salvator Mundi' Menuju Louvre Abu Dhabi Foto: Getty Images
Jakarta - Berita tentang lukisan termahal di dunia 'Salvator Mundi' karya Leonardo da Vinci masih belum berakhir. Lukisan senilai Rp 6 triliun itu dikabarkan menuju Museum seni Louvre Abu Dhabi yang baru saja diresmikan pada 8 November lalu.

Lukisan 'Salvator Mundi' yang dalam bahasa Indonesia artinya 'Juru Selamat Dunia' itu berhasil terjual di Balai Lelang Chistie's New York dengan harga fantastis. Angka Rp 6 triliun dianggap sebagai harga lelang tertinggi untuk karya seni apapun.

Pembeli lukisan da Vinci itu pun masih anonim, karena pembeli menghubungi via telepon yang berlangsung hanya 20 menit. The New York Times melaporkan karyanya dibeli oleh seorang Pangeran Saudi bernama Bader bin Abdullah bin Mohammed bin Farhan al-Saud.



Meski sudah terdapat bocoran dari sebuah dokumen yang tersebar, sampai sekarang belum ada pernyataan dari pihak Christie's maupun Museum Louvre Abu Dhabi mengenai pembelinya. Namun, Louvre Abu Dhabi memastikan lukisan menuju Abu Dhabi sekarang lewat pengumuman di Twitter.

"Da Vinci's Salvator Mundi is coming to #LouvreAbuDhabi," tulis keterangan Louvre Abu Dhabi, kemarin di akun resmi Twitter.

Museum yang dibangun selama 10 tahun itu menghabiskan dana lebih da £1 miliar. Di dalamnya menyimpan 600 karya seni secara permanen, di antaranya ada 300 koleksi dari Louvre Paris yang dipinjam. Louvre Abu Dhabi disebut sebagai museum dan galeri seni modern terbesar di dunia. Louvre Abu Dhabi membayar ratusan juta dolar atas penggunaan nama Louvre dan manajerial kepada pihak Louvre Paris.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed