DetikHot

art

Faisal Habibi dan Eko Prawoto Pamer Karya di Belgia

Kamis, 12 Okt 2017 11:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Faisal Habibi dan Eko Prawoto Pamer Karya di Belgia Faisal Habibi dan Eko Prawoto Pamer Karya di Belgia Foto: Galeri Nasional Indonesia
Jakarta - Galeri Nasional Indonesia mempersembahkan pameran seni rupa kontemporer yang berjudul 'LALU, KINI (budaya Bendawi/Material Culture'. Eksibisi yang digelar bertepatan dengan Festival Seni Europalia 2017 digelar di Brussels dan Antwerp, Belgia.

Dikuratori oleh Asikin Hasan dan Rizki A.Zaelani, karya Faisal Habibi dan Eko Purwoto menampilkan penggunaan material industri dari waktu ke waktu.

"Budaya material tradisional beserta keterampilannya, tidak lenyap dengan datangnya yang modern," ujar Asikin Hasan dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Kamis (12/10/2017).

Karya kedua seniman tersebut memperlihatkan simbol dan narasi. Serta mengacu terhadap tradisi, modern, dan kekinian yang hidup di Indonesia.



Faisal Habibi asal Bandung menampilkan karya seni instalasi berjudul 'Gunungan'. Karyanya terletak di bagian dalam dan luar Gedung Dynasty. Lokasi ini merupakan salah satu bagian dari keramaian Europalia di kota Brussels.

Faisal Habibi dan Eko Prawoto Pamer Karya di Belgia Faisal Habibi dan Eko Prawoto Pamer Karya di Belgia Foto: Galeri Nasional Indonesia


"Faisal menampilkan bentuk-bentuk formal geometris membentuk citra dasar gunungan dengan banyak warna," lanjut Asikin.

Sedangkan karya seni instalasi Eko berjudul 'Bale Kambang'. Eko yang berprofesi sebagai arsitek dan perupa itu kerap mengembangkan karya menggunakan material bambu. Instalasi karyanya diletakkan di ruang terbuka, semacam tempat peristirahatan dalam tradisi kerajaan di masa lalu.



Kepala Galeri Nasional Indonesia Tubagus 'Andre' Sukmana berharap melalui pameran seni ini dapat meningkatkan hubungan dan diplomasi kultural yang mampu memperat hubungan dua negara.

"Pameran seni diharapkan jadi peluang dan kesempatan bagi perupa kontemporer untuk unjuk gigi di ranah internasional," pungkas Andre.

Eksibisi karya seni instalasi Faisal Habibi berlangsung pada 17 September 2017-21 Januari 2018 Festival Centre Gedung Dynasty, Brussels. Dan Eko Parwoto selama 28 Oktober 2017 – 21 Januari 2018 di Bonapartedok dan Museum aan de Stroom (MAS), Antwerp.



(tia/tia)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed