DetikHot

art

Hermione Berkulit Hitam, Ilustrator Ini Dihina hingga Dicap 'Bodoh'

Senin, 25 Sep 2017 16:32 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Hermione Berkulit Hitam, Ilustrator Ini Dihina hingga Dicap Bodoh Gambar Hermione Berkulit Hitam, Ilustrator Ini Dihina hingga Dicap 'Bodoh' Foto: Universal Studios Orlando.
Jakarta - Seorang ilustrator menghebohkan dunia maya dengan gambar karakter-karakter yang ada di dalam cerita Harry Potter. Dia menggambarkan Hermione Granger sebagai perempuan berkulit hitam.

Selasa pekan lalu (19/9), ilustrator bernama Annosha Syed yang berdomisili di Toronto mengungkapkan lewat Twitter soal reaksi yang mengerikan dari publik. Sebulan yang lalu, dia mengupload gambar Hermione, Harry Potter, dan Ron Weasley ke halaman Tumblr-nya.

Gambarnya memang berbeda dari versi film, namun mirip dengan adaptasi di panggung teater. Di versi film sendiri Hermione memang berwajah kulit putih namun di adaptasi teater digambarkan berkulit hitam.



Di Tumblr-nya, dia menuliskan, "Ras Hermione dan Harry Potter tidak pernah dituliskan secara spesifik di dalam buku. Saya akan menggambar apapun yang saya inginkan. Terima kasih," tulisnya seperti dikutip detikHOT dari HuffPost, Senin (25/9/2017).



"Karena saya minoritas, saya membayangkan seperti itulah karakter Hermione dan Harry. Hermione berkulit hitam dan Harry Potter saya gambar lebih gelap. Tapi sungguh mengerikan komentar orang-orang terhadap gambar saya," tulisnya lagi.

Ada yang menganggap Annosha Syed sebagai seorang yang 'rasis' tapi ada juga yang mengatakan dirinya bodoh. "Satu atau dua orang menentang penafsirannya dan justru berkomentar yang kasar kepada saya."

Meski begitu, J.K Rowling sendiri pernah mengatakan ras karakter 'tidak pernah ditentukan' di dalam buku. Bahkan karakter Hermione Granger digambarkannya berkulit hitam dalam versi panggung teater 'Harry Potter and the Cursed Child' selama dua tahun terakhir.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed