DetikHot

art

Lukisan 'Calon Arang' I Nyoman Gunarsa Kerap Dibawa Pameran Keliling

Senin, 11 Sep 2017 16:30 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Calon Arang I Nyoman Gunarsa Kerap Dibawa Pameran Keliling Lukisan 'Calon Arang' Karya I Nyoman Gunarsa Kerap Dibawa Pameran Keliling Foto: Galeri Nasional Indonesia
Jakarta - Tujuh lukisan karya I Nyoman Gunarsa dimiliki oleh Galeri Nasional Indonesia. Salah satu dari tujuh lukisan tersebut kerap dikenalkan kepada publik Indonesia yakni, lukisan 'Calon Arang'.

Menurut Kepala Galeri Nasional Indonesia Tubagus 'Andre' Sukmana, lukisan 'Calon Arang' (1968) merupakan karya-karya yang ada di awal karier I Nyoman Gunarsa.

"Lukisan tersebut dikenal dengan gaya realis ekspresionis. 'Calon Arang' karya yang dibuat tahun 1968 dan sering dibawa Galeri Nasional Indonesia untuk pameran keliling ke berbagai daerah dan diperkenalkan kepada publik," ujar Tubagus 'Andre' Sukmana ketika dihubungi detikHOT, Senin (11/9/2017).



Lukisan tersebut juga menjadi karya terpenting dan cikal bakal dari ciri khas I Nyoman Gunarsa.

"Saya kira itu karya penting yang kemudian menjadi cikal bakal visualisasi karya yang dikenal banyak orang. Dari segi tema, karyanya juga sangat Bali," katanya.

Pada 18-21 November 2015 lalu, lukisan 'Calon Arang' dibawa berkeliling ke dua tempat. Pertama, pameran keliling 'Bumi Tadulako Mareso, Maroso Rupa' yang digelar di Sulawesi Tengah. Pameran karya pilihan koleksi Galeri Nasional Indonesia diselenggarakan berbarengan dengan karya perupa Sulawesi Tengah.



Di tahun yang sama, lukisan 'Calon Arang' juga dipajang di pameran keliling 'Ziarah' Yogyakarta. Dilanjutkan dengan pameran keliling 'Spirit Khua Jukhai' yang berlangsung di Taman Budaya Provinsi Lampung pada 22-29 Maret 2017.

"Pameran keliling itu bertujuan untuk memperkenalkan karya-karya koleksi Galeri Nasional Indonesia dan bisa diakses oleh publik," tutup Tubagus 'Andre' Sukmana.


(tia/dal)
Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed