DetikHot

art

Tampil Beda, Art Stage Jakarta 2017 Gelar Penghargaan Seni

Kamis, 20 Jul 2017 12:35 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Tampil Beda, Art Stage Jakarta 2017 Gelar Penghargaan Seni Tampil Beda, Art Stage Jakarta 2017 Gelar Penghargaan Seni Foto: Art Stage Jakarta (agnes/detikhot)
Jakarta - Art Stage Jakarta 2017 akan digelar satu bulan lagi di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City. Tampil beda di penyelenggaraan tahun ini, Art Stage Jakarta mempersembahkan penghargaan seni bagi insan kreatif seni rupa di Indonesia.

Penghargaan yang akan diberikan kepada 13 kategori yang ada di dalam bidang seni rupa itu dipilih oleh tim kurator 'An Art Award For Indonesia'. Salah seorang tim yang terlibat dalam penghargaan , Enin Supriyanto, mengatakan penghargaan ini berbeda dengan penghargaan lainnya yang pernah ada di Indonesia.

"Jika biasanya penghargaan memberikan kepada kategori seniman terbaik yang mendapatkan hadiah uang maka beda di Art Stage Jakarta. Kami tidak akan memberikan hadiah uang, hanya trofi yang dibuat Handiwirman Saputra. Dan bukan satu kategori saja tapi ada 13," ujar Enin Supriyanto di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City, belum lama ini.

Kategori penghargaan seni diberikan kepada seniman, kurator, kolektor, galeri, lembaga seni, pameran, seniman muda, kurator muda, galeri yang baru berdiri, publikasi seni terbaik, penghargaan Life Achievement dan Bhinneka.



"Karena ekosistem seni itu bukan hanya seniman tapi ada banyak bagian dalam seni rupa," kata Enin.

Kategori yang ada di dalam penghargaan seni yakni Authencity, Leadership, Excellence, Quality, Seriousness. Pihak Art Stage Jakarta sudah menerima hampir 200 nama untuk diseleksi.

Tampil Beda, Art Stage Jakarta 2017 Gelar Penghargaan Seni Tampil Beda, Art Stage Jakarta 2017 Gelar Penghargaan Seni Foto: Tia Agnes/detikHOT


Enin melanjutkan ke-200 nama tersebut akan dibagi ke dalam 13 kategori lalu diseleksi oleh tim dewan kurator. "Ini adalah sistem yang suistanable yang saya kira kita butuhkan di Indonesia. Nanti akan diputuskan siapa yang terbaik," pungkas Enin Supriyanto.

Presiden sekaligus pendiri Art Stage Jakarta, Lorenzo Rudolf, menambahkan penghargaan seni di ajang yang kedua kali diselenggarakan di Ibu Kota ini merupakan apresiasi serta penghormatan bagi insan seni rupa.

"Sama seperti Joseph Balestier Award yang di Singapura, penghargaan ini kami diskusikan lebih dalam, kami debatkan lebih dalam. Bagaimana dengan kategori, klasifikasi, dan alasan mereka masuk dalam 13 kategori yang kami rencanakan. Kami tidak hanya bicara soal seniman terbaik, tapi semua lini yang ada di dalam seni rupa," kata Lorenzo Rudolf.

Upacara penganugerahan penghargaan akan berlangsung di auditorium Institut Francais d'Indonesia atau IFI Jakarta pada 10 Agustus mendatang.






(tia/dar)

Photo Gallery
FOKUS BERITA:Art Stage Jakarta 2017
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed