DetikHot

art

Fantastis! Lelang Lukisan Basquiat Terjual Hampir Rp 1,5 Triliun

Jumat, 19 Mei 2017 16:20 WIB  ·   Mahardian Prawira Bhisma - detikHOT
Fantastis! Lelang Lukisan Basquiat Terjual Hampir Rp 1,5 Triliun Foto: Lukisan Tanpa Judul karya Jean Michel Basquiat (twitter Yasuka Maezawa)
Jakarta - Sebuah karya seni berupa lukisan terjual lewat lelang di kota New York, Amerika Serikat dengan harga fantastis. Lukisan tersebut merupakan karya Jean Michel Basquiat yang diberi 'Lukisan Tanpa Judul'.

Lukisan yang terjual hampir Rp 1,5 triliun setara dengan 110,5 juta dolar itu jatuh pada seorang kolektor asal Jepang saat dilelang di Manhattan, New York, Amerika Serikat. Lukisan bergaya abstrak kontemporer itu memikat hati sang pembeli setelah mengetahui penyebab kematian sang seniman yakni disebabkan tewas pada tahun 1988 akibat overdosis.

"Saat saya melihat lukisan ini, saya terkesan dengan kegembiraan dan rasa syukur atas cintaku pada seni," ujar sang pembeli lukisan bernama Yasuka Maezawa seperti dilansir telegraph.co.uk, Jumat, (19/5/2017).

Maezawa sendiri usai menerima lukisan karya Basquiat ia berencana ingin memamerkan lukisan tersebut museum pribadi miliknya di kota Chiba, Jepang. Karya yang diberi judul 'Lukisan Tanpa Judul' sebelumnya diluncurkan pada Minggu di rumah lelang Sotheby, dan lukisan tersebut hampir tidak dikenal.

Sang kolektor sebelumnya juga berhasil tawar menawar lukisan dengan harga yang fantastis di rumah pelelangan yang sama.
(mah/doc)
Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed