DetikHot

art

Rahasia di Balik Gaya Nyentrik Pelukis Frida Kahlo

Jumat, 21 Apr 2017 17:47 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Rahasia di Balik Gaya Nyentrik Pelukis Frida Kahlo Foto: Nickolas Muray/ My Modern Met
Jakarta - Pelukis Frida Kahlo selalu tampil nyentrik sepanjang hidupnya. Gaya pakaian perempuan asal Meksiko yang meninggal dunia pada 1954 silam, selama ini tersembunyi dan tidak pernah dipublikasikan oleh awak media maupun keluarga.

Kini, bertahun-tahun menginspirasi seniman dunia lain, terungkap makna dan alasan di balik gaya-gayanya yang nyentrik. Dilansir berbagai sumber, Jumat (21/4/2017), Kahlo menggunakan pakaian penuh warna warni dan kaya visual karena kecelakaan bus di usia 18 tahun.

Saat itu, dia mengalami kecelakaan bus dan butuh waktu pemulihan selama dua tahun. Rasa sakit akibat kecelakaan pun masih dirasakan Kahlo sepanjang sisa hidupnya.

Contohnya benda-benda yang berhubungan dengan pengobatan diubahnya menjadi karya seni. Setelah kakinya diamputasi di tahun 1953, dia mengubah benda tak biasa tersebut menjadi sepatu boot dengan renda-renda berwarna merah.

Rahasia di Balik Gaya Nyentrik Pelukis Frida Kahlo Foto: Nickolas Muray/ My Modern Met


Selepas kepergian Kahlo, suaminya Diego Rivera menyegel barang-barangnya di kamar mandi di Meksiko. Dia menyembunyikan barang-barang istrinya karena terlalu sedih. Rivera meninggal pada 1957 dan barang tersebut disimpan selama 50 tahun. Baru di tahun 2004, Museum Frida Kahlo memutuskan membuat katalog dari barang Kahlo.

Fotografer asal Jepang, Ishiuchi Miyako, diberi kehormatan mendokumentasikan lemari darurat Frida Kahlo. Dengan menggunakan kamera 35mm, dia memotret lebih dari 300 barang. Buku fotografi berjudul 'Frida' itu pun kini terjual di Amazon.



(tia/dar)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed