DetikHot

art

'I Am Indonesian', Perayaan Hari Jadi Ke-3 Galeri Indonesia Kaya

Senin, 10 Okt 2016 17:41 WIB  ·   Gabriel Wakkary - detikHOT
I Am Indonesian, Perayaan Hari Jadi Ke-3 Galeri Indonesia Kaya Foto: Hanif Hawari/ detikHOT
Jakarta - Galeri Indonesia Kaya merayakan hari jadinya yang ketiga. Sebuah pameran foto digelar menampilkan ratusan pekerja seni yang berkontribusi besar bagi jagat seni dan hiburan Tanah Air.

Mengusung tema 'I Am Indonesian', ada 100 seniman kenamaan yang potretnya dipajang. Mereka diabadikan sosoknya oleh fotografer Glenn Prasetya serta mengenakan pakaian serba putih yang dirancang oleh Oscar Lawalata.

Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian, mengatakan pihak Galeri Indonesia Kaya melibatkan 100 seniman tapi jumlah tersebut masih kurang.

"Kenapa 100? Saya ngerasa di bawah 100 itu kurang. Malah saya tadinya pengennya lebih dari segitu. Tapi secara teknis itu mustahil dan studio kami cuma cukup 150 orang. Ngumpulin 100 orang yang sibuk saja sudah susah, jadi ya dengan jumlah segitu saya cukup puas dengan hasil yang ada," paparnya ditemui saat jumpa pers di bilangan Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (10/10/2016).

'I Am Indonesian', Perayaan Hari Jadi Ke-3 Galeri Indonesia Kaya'I Am Indonesian', Perayaan Hari Jadi Ke-3 Galeri Indonesia Kaya


Dalam pameran foto ini, 100 pekerja seni yang berasal dari berbagai golongan seni dipilih karena karyanya pernah ditampilkan atau dipentaskan di Galeri Indonesia Kaya (GIK). Mereka ditampilkan dari sisi yang berbeda berbeda dalam rancangan pakaian warna putih yang menggunakan kain tenun khas Indonesia dengan aneka motif batik dan selaras dengan gaya minimalis modern dari busana siap pakai Oscar Lawalata.

Nama 'I Am Indonesian' bukan sekadar tajuk bagi penyelenggaraan acara, namun lebih dari itu. 'I Am Indonesian' menjadi sebuah gerakan sosial yang digagas oleh Oscar Lawalata dan diperkenalkan pertama kali hari ini.

Para pekerja seni yang terlibat dalam pemotretan ini terdiri dari 100 seniman lintas generasi. Dari berbagai genre, senior hingga generasi muda. Di antaranya adalah, Addie MS, Yovie Widianto, Agus Noor, Butet Kartaredjasa, Be3, Chelsea Islan, Denny Wirawan, Dewi Lestari, Erwin & Gita Gutawa, Garin Nugroho, Happy Salma, Jay Subiyakto, Joko Anwar, Julie Estelle, Maudy Koesnaedi, Monita Tahalea, Nano & Ratna Riantiarno, Reza Rahadian, Ria Irawan, Sapardi Djoko Damono, Sundari Soekotjo, Sujiwo Tedjo, Titi DJ, Trio Lestari, Titiek Puspa, Wawan Sofwan dan banyak lainnya.

Pameran foto 'I Am Indonesian' dibuka bersamaan dengan ulang tahun Galeri Indonesia Kaya yang ketiga. Eksibisi berlangsung 10-23 Oktober 2016 di Lobby Shinta dan Plaza Shinta (lantai 3) East Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat.


(tia/mmu)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed