detikHot

art

Ade Darmawan Pameran Tunggal di Galeri Seni Portikus Frankfurt

Kamis, 08 Okt 2015 13:27 WIB Tia Agnes Astuti - detikHot
Dok.Portikus Art Gallery Dok.Portikus Art Gallery
Jakarta - Seniman sekaligus pendiri Ruang Rupa Jakarta Ade Darmawan bersama Galeri Seni Portikus Frankfurt akan menyelenggarakan pameran tunggal. Eksibisi ini menjadi bagian dari program Frankfurt Book Fair (FBF) 2015.

Dalam keterangan pers kepada detikHOT, Kamis (8/10/2015), sesuai dengan tradisi dari Portikus, galerinya mengundang seniman dari tamu kehormatan FBF. Berjudul 'Magic Centre', karyanya akan mengeksplorasi tentang negara, sejarah dan orang-orang penting yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Musikalisasi Puisi ala Dewi Lestari dan Sapardi Djoko Damono

Ade menyoroti permasalahan minoritas dan berkaitan dengan sejarah yang terjadi di Tanah Air. 'Magic Centre' akan berkisah tentang perusahaan penerbitan dengan nama yang sama yang besar di tahun 1960-an. Perusahaan tersebut berfungsi untuk meneliti perubahan sosial dan politik yang ada.

Selama beberapa dekade setelah 1945, Indonesia mengalami ketidakstabilan politik. Di bawah Presiden Soekarno, yang menjabat dari 1945-1967, negara berhati-hati menerapkan kebijakan sosialis.

Pameran Ade Darmawan di Portikus adalah kolase-kolase yang mengartikulasikan masa kritis sekaligus sepotong sejarah Indonesia yang diproduksi oleh penerbitan Magic Center.

Eksibisi 'Magic Center' dibuka pada 18 September sampai 15 November 2015.


(tia/mmu)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com