DetikHot

art

Andrea Hirata Raih Penghargaan Sastra Internasional dari Universitas Warwick

Selasa, 14 Jul 2015 08:08 WIB  ·   Tia Agnes Astuti - detikHOT
Andrea Hirata Raih Penghargaan Sastra Internasional dari Universitas Warwick Dok.Andrea Hirata
Jakarta -

Setelah merilis novel ke-9 'Ayah' pada Mei 2015 lalu, satu lagi prestasi yang ditorehkan Andrea Hirata di bidang sastra. Awal pekan ini, Andrea mendapatkan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa di bidang sastra dari Universitas Warwick, Inggris.

Dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Selasa (14/7/2015), Andrea mendapatkan penghargaan karena kontribusinya di sastra internasional selama 8 tahun belakangan. Novel pertama Andrea Hirata 'Laskar Pelangi' telah diterjemahkan ke dalam 34 bahasa asing dan diterbitkan di lebih dari 130 negara oleh penerbit-penerbit terkemuka.

Dengan diterimanya penghargaan ini berarti dalam 10 tahun karir menulisnya, Andrea Hirata telah menerima 3 penghargaan sastra internasional. Sebelumnya, ia juga menjadi pemenang pertama Buchaward 2013 di Jerman untuk novelnya 'Die Regenbogen Truppe' yaitu Laskar Pelangi dalam versi bahasa Jerman yg diterbitkan oleh Hanser Berlin. Serta pemenang pertama New York Book Festival 2013 kategori general fiction untuk novelnya 'The Rainbow Troops' (Laskar Pelangi edisi Amerika yang diterbitkan oleh Farrar, Straus and Giroux, New York).

Baca Juga: Penerbit Komik Prancis Cari Komikus Berbakat di Indonesia

Penghargaan sastra internasional tersebut diterimanya pada 13 Juli lalu di gedung Warwick Art Centre di acara Summer Graduation Day 2015. Dalam pidatonya pun, ia meneriakan kata Indonesia, Indonesia, Merdeka, Merdeka, dan disambut aplause dari para hadirin.

Selain Andrea Hirata, penerima Doktor Honoris Causa dari University of Warwick lainnya adalah sutradara terkenal Inggris Mike Leigh yang telah 7 kali menerima nominasi Oscar sebagai sutradara terbaik. Serta pemenang piala Palme D'Or di Festival Film Cannes 1996 untuk filmnya 'Secret and Lies.'

Untuk penghargaan Honoris Cause kategori hukum yakni Sir Michael Barber, Chan Heng Chee, John Cridland, Charlotte Hogg, Antonio Horta-Osorio , Neil Hutchinson, Frances O'Grady, Ms Jane Platt, Phil Smith.

Kemudian, Honoris Causa bidang ilmu pengetahuan yakni Professor Anthony Cheetham, Professor Harald zur Hausen, Dr.Richard Schoen, Professor Ada Yonath. Serta kategori sastra lainnya juga diterima oleh Roly Keating Hon DLitt, Tony Wheeler Hon DLitt.


(tia/tia)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed