DetikHot

art

Festival Helatari 2015 Tampilkan Tari Tradisi dan Kontemporer Nusantara

Jumat, 29 Mei 2015 13:07 WIB  ·   Tia Agnes Astuti - detikHOT
Festival Helatari 2015 Tampilkan Tari Tradisi dan Kontemporer Nusantara
Jakarta -

Komunitas Salihara kembali menggelar festival Helatari. Festival yang menampilkan berbagai tari-tarian nusantara ini diharapkan menjadi inovasi baru di tari tradisi dan kontemporer Tanah Air.

Helatari Salihara merupakan panggung bagi karya-karya koreografi pilihan Dewan Kurator Komunitas Salihara. Di pekan pertama, pentas Helatari akan menampilkan Buai (Udara) oleh Indra Zubir.

Buai (Udara) adalah karya yang beranjak dari gagasan misteri tubuh (semesta kecil) tempat gerak diri menyatu pada gerak alam raya. Tarian Buai (Udara) menampilkan gerakan tubuh yang mengayun seperti dibuai dan mengambil inspirasi dari Tari Buai-buai (Minangkabau) dan Shuffle (tari populer). Pentas ini digelar pada 30 Mei mendatang.

Baca Juga: Jadi Kontroversi, Lukisan 'Perawan Suci Maria' Dijual Rp 30,2 M

Festival yang bertemakan 'Tari Baru dari Khazanah Tradisi Nusantara 2015' juga akan memberikan lokakarya Tari Bedaya untuk anak dan remaja yang akan dimentori oleh Permata Jawa (tim Atilah Soeryadjaya).

Selanjutnya, komunitas Seni Sigma Dance Theater juga akan menampilkan 'Menuai Senja' dengan koreografer Benny Krisnawardi di pekan berikutnya. Serta penampilan dari koreografer Otniel Tasman yang berjudul 'Lengger Laut'.

Lulusan ISI Surakarta ini pernah terpilih sebagai koreografer muda Tanah Air pilihan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) tahun lalu.

"Tema tahun ini diambil karena banyak tarian baru yang berasal dari tradisi tari nusantara," ucap salah satu kurator Salihara, Tony Prabowo.




(Tia Agnes Astuti/Atmi Ahsani Yusron)

Photo Gallery
1 1 2 3 4
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed