Lima Perpustakaan Super di Seluruh Dunia

Astrid Septriana - detikhot
Jumat, 18/10/2013 14:47 WIB

Index Artikel Ini   Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya   « Prev   2 dari 6   Next »  
FOTO: Seattle Central Library
1. Seattle Central Library, Amerika Serikat 2004, Amerika Serikat 2004

Seattle Central Library OMA, dirancang untuk merekognisi buku tradisional dan dunia digital. Bangunan kaca dan besi bertingkat sebelas ini, dirancang oleh Rem Koolhaas dan Joshua Prince-Ramus. Perpustakaan ini memiliki koleksi jutaan buku yang tersebar di sepuluh ribu rak. Masing-masing rak memiliki kapasitas hingga lebih dari 450 ribu buku.

Bagian inti dari bangunan senilai US$ 165 juta ini adalah 'book spiral'. Ini merupakan seri rak yang terangkai hingga empat lantai bangunan, menampilakan koleksi non-fiksi dari keseluruhan galeri pada satu tempat. Ini dirancang dengan sistem desimal Dewey untuk membuat klasifikasi yang tidak akan membuat buku terpisah-pisah pada sesi rak yang ada di bangunan.

Perpustakaan ini juga memiliki 400 terminal komputer yang bisa digunakan oleh pengunjung. "Perpustakaan di Seattle ini adalah yang pertama untuk mengadaptasi revolusi internet di abad ini, termasuk dalam drive-drive internet yang mengambil tempat pada penerbitan, media dan pusat pembelajaran," ujar Tom Dyckhoff.



Index Artikel Ini   Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya   « Prev   2 dari 6   Next »  
Baca Juga

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
BERITA TERBARU


MustRead X