Uje Tutup Usia

Mengenang Uje, Dai Muda Penuh Kharisma

Devy Octafiani - detikhot
Jumat, 26/04/2013 16:52 WIB
Mengenang Uje, Dai Muda Penuh Kharisma
Jakarta -
Dunia dakwah Tanah Air tengah berduka, ditinggalkan untuk selama-lamanya seorang dai muda yang penuh kharisma, Ustad Jefri Al Buchori. Ustad yang akrab dipanggil Uje itu meninggal dunia, Jumat (26/4/2013) dinihari karena kecelakaan tunggal yang dialaminya saat mengendarai motor gede di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Selama hidupnya, Uje mengalami pasang surut sebelum akhirnya dikenal sebagai pendakwah yang digemari terutama oleh kalangan anak muda. Besar di keluarga yang taat agama, anak dari pasangan M.Ismail Modal dan Tatu Mulyana itu dididik secara disiplin untuk mendalami Islam. Saat masih duduk di sekolah dasar, ia pun sudah memperlihatkan tanda-tanda 'kelebihannya' di bidang agama. Saat kelas 5, Uje mengikuti MTQ, dan anak ketiga dari lima bersaudara ini berhasil meraih juara pertama.



Namun masa kelam dilaluinya ketika ia mulai masuk SMA di pesantren. Mengikuti arus pergaulan bebas, Uje sempat terjerembab dalam obat-obatan terlarang. Ia pun keluar dari pesantren dan berpindah-pindah sekolah. Namun, tetap Uje sering absen dan menghabiskan banyak waktunya di diskotek semalam suntuk.



Titik balik hidupnya muncul ketika ia pulang umroh dari Tanah Suci Mekah pada 1994. Pria kelahiran 12 April 1973 itu pun bertobat. Momen ketika ayahnya meninggal juga semakin menyadarkan Uje untuk kembali ke jalan yang benar. Kembali mendalami agama, ia pun perlahan merintis karier sebagai penceramah.



Selama menjadi pendakwah, karier suami dari Pipik Dian Irawati itu juga tak selalu mulus. Ia pernah ditolak mengisi ceramah di beberapa tempat karena masalalunya sebagai pecandu narkoba.



Aktif menjadi pendakwah sejak 2000, Uje dikenal sebagai Ustad Gaul. Kepiawaian Uje dalam berceramah mampu merangkul masyarakat dari banyak kalangan. Mulai dari anak-anak hingga ibu-ibu.



Kini kepergian Uje yang sangat mendadak, sontak mengejutkan kerabat, penggemar juga sahabat-sahabatnya. "Saya sempat dikasih cincin sama dikasih peci yang baru dia pakai. Terus, dia minta saya untuk lanjutin dakwahnya," tutur Ustad Solmed, salah satu sahabat dekatnya.

Selamat jalan, Uje! Kiranya Tuhan telah menyiapkan tempat yang mulia di sisi-Nya yang kekal.


(doc/mmu)
Aswan yang datang ditemani bersama kuasa hukumnya menggelar klarifikasi mengenai kontroversi pernikahan keduanya di kawasan Tebet Utara, Jakarta Selatan (Noel/detikHot).<br />
FOTO VIDEO TERKAIT
Ziarah ke Makam Uje, Pipik Banjir Air Mata
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,


MustRead X