Hot Profile

Jadi Penyanyi Dangdut, Jenita Janet Sering Dihina & Dibully

Herianto Batubara - detikhot
Jumat, 19/04/2013 11:10 WIB
Jadi Penyanyi Dangdut, Jenita Janet Sering Dihina & DibullyJenita Janet (hasan/detikhot)
Jakarta -
Bagi pedangdut Jenita Janet, sukses itu tak semudah membalikkan telapak tangan. Sebelum dikenal luas seperti sekarang, pelantun single hits 'Direject' itu ternyata dulu sering dihina dan dibully.

Dikisahkan Janet, dirinya terlahir dari keluarga berekonomi pas-pasan. Sejak duduk di bangku SMP di Bandung, Jawa Barat, ia sudah aktif bernyanyi dangdut keliling kampung, mencari uang demi membantu keluarga, dan keperluan sekolahnya.

"Aku dari SMP udah biasa hidup mandiri. Jadi bekal, biaya sekolah, aku tanggung sendiri. Orangtua juga ngasih uang, tapi aku tabung," ungkapnya saat berbincang dengan detikHOT di apartemennya di daerah Tebet, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Pemilik nama asli Jeni Juliana itu sering dihina saat nyanyi dari kampung ke kampung. Soalnya ketika itu usianya masih terlalu muda dan sangat tak berpengalaman menghibur orang banyak.

"Awalnya aku nggak ada modal buat jadi penyanyi dangdut keliling. Segala sesuatu dari baju, sepatu, minjem sama bibi. Jadi baju, dan sepatunya kedodoran. Make up berantakan pula. Udah gitu, cengkok pas nyanyi nggak bener. Aku juga joget-nya kaku banget. Makanya aku banyak dihina-hina sama orang setiap nyanyi," kisahnya.

Di sekolahnya di SMP Negeri 2 Banjaran, Bandung, Janet juga dapat perlakuan sama. Ia dijauhi teman-temannya karena profesinya sebagai penyanyi dangdut dianggap kampungan.

"Foto aku pas nyanyi pernah ditempel di majalah dinding sekolah. Itu bikin aku sempat ciut dan malu banget diejek-ejek. Aku dibilang kampungan. Mereka malu berteman samaku. Makanya temenku bisa dihitung pake jari di sana," paparnya.

Ketika masuk SMA Negeri 1 Baleendah, Badung, Janet bahkan mengaku dapat perlakuan yang lebih parah. Ia kerap dibully kakak kelasnya sehingga membuatnya sempat trauma.

"Mereka anti banget sama dangdut. Pas masa orientasi aku diceng-cengin sama kakak kelas. Dibilang toge pasar. Tiap lewat disorakin sampai aku nggak pede. Memang nggak enak banget di bully. Itu bikin efek trauma," katanya.

Meski dapat perlakuan diskriminatif selama sekolah, Janet tetap tegar. Sosok kelahiran Bandung, 1 Juli 1987 itu tetap keukeuh menjadi penyanyi dangdut. "Aku balas mereka dengan berprestasi di sekolah. Aku sering diutus ikut lomba dan jadi juara. Makanya aku disayang guru-guru," sahutnya bangga.




Lepas dari SMA, Janet semakin serius menekuni dangdut, dan mengasah kemampuannya. Ia aktif manggung serta mengikuti berbagai audisi, dan perlombaan nyanyi seperti 'Kontes Dangdut Indonesia' (KDI) di salah satu televisi swasta.

"Meski nggak masuk 50 besar di KDI tapi aku dapat tawaran buat tampil di event-nya Radio Dahlia di Bandung di lapangan Gazibu. Panggungnya besar dan penontonnya banyak. Di situ namaku makin dikenal. Rasanya spektakuler banget," paparnya.

Janet pun kemudian makin melebarkan sayap dengan bergabung di Duo Racun. Namun sayang, duet itu tak bertahan lama karena ia didepak keluar sebelum kontraknya habis.

Namun lagi-lagi Janet tak menyerah. Setahun kemudian ia mencoba bersolo karier dengan mengandalkan single 'Direject'. Tak dinyana, lagu cewek yang bernaung di bawah label Beyou Music itu dapat sambutan bagus, dan disukai masyarakat.

Karier Janet pun makin moncer. Hingga kini wajah pemilik goyang Go Go itu kerap wara-wiri di layar kaca. Ia tampil di berbagai stasiun televisi, dan program populer seperti 'Bukan Empat Mata', 'Show Imah', dan lain-lain.




Meski kini tengah naik daun, Janet tak mau jumawa. Ia bersyukur pengalaman pahit masa lalu, serta kerja kerasnya kini telah berbuah manis.

"Dulu aku dibully, dikucilin, dihina-hina, banyak air mata. Tapi nggak apa-apa, itu sebagai pembekalan. Ketika berhasil sekarang, itu menambah kenikmatan dan kebahagiaan. Sekarang Janet dikenal dan disayang banyak orang. Itu proses," tandasnya.

Seperti apa pengalaman Janet saat menjadi penyanyi dangdut keliling? Simak terus kisahnya hanya di detikHOT!


(bar/hkm)
Pelantun 'Direject' itu tampil dalam balutan gaun abu-abu menerawang. Pool/Noel/detikFoto.
FOTO VIDEO TERKAIT
Centil! Jenita Janet Tampil Bak Barbie
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,


MustRead X