Menelusuri Istana Kristal Eyang Subur

Herianto Batubara - detikhot
Kamis, 28/03/2013 13:23 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/03/28/230/img4784dlm.jpg Sekilas penampakan Rumah Subur (Herianto/detikhot)
Jakarta -
detikHOT menyambangi kediaman Eyang Subur di kawasan Jalan Beringin III, Tanjung Duren, Jakarta Barat sejak Rabu (27/3/2013) malam hingga Kamis (28/3/2013) dini hari.

Menurut pantauan detikHOT, kediaman Subur memang tak seperti rumah penduduk pada umumnya. Tak ada gerbang yang terpampang. Bahkan hanya seperti lubang yang harus dilalui orang dewasa seraya menduduk bila ingin memasukinya.

Namun jangan salah, di dalamnya terdapat banyak barang-barang mewah dan antik seperti patung dan guci. Subur juga diketahui gemar mengoleksi barang-barang mewah seperti kristal.

Hal itu pun diakui oleh murid setia Sigit Subangun atau yang akrab disapa Eyang Sigit. Dituturkan Sigit, kristal-kristal yang ada di rumah Subur berharga miliaran bila dijumlah secara keseluruhan.

"Kristal di tempat Eyang itu elok sekali. Harganya ada yang puluhan sampai ratusan juta. Sulit ngehitungnya saking banyaknya. Itu dua atau tiga toko aja kalah koleksinya sama Eyang," ungkap Sigit saat ditemui di kediaman Subur.

"Berapa M (miliar) itu, kamu hitung sendiri. Koleksinya ada ratusan," tuturnya.

Menurut Sigit, sang guru memang sudah mengumpulkan hiasan-hiasan kristal sejak lama. "Dia bertahap. Saya ke sini mulai 1992, kristal-kristal itu sudah ada dan terus bertambah sampai sekarang. Bentuk binatang ada juga, kayak kuda, lumba-lumba. Saya bingung saking banyaknya," paparnya.

(kmb/mmu)
Manisnya Adzana, Putri Adi Bing Slamet. Pool/Asep/detikHOT.
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
MustRead X