Ludruk Kartolo Gelar Lakon 'Suminten Edan'

Is Mujiarso - detikhot
Rabu, 04/07/2012 11:27 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/07/04/1059/ludruk.jpg
Jakarta -
Kartolo cs akan kembali ke panggung Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Kali ini, mereka akan menggelar pertunjukan ludruk dengan lakon 'Warok Suromenggolo'. Lakon yang terbilang legendaris itu juga populer dengan judul 'Suminten Edan'.

Lakon tersebut akan dipentaskan Kamis (4/7/2012) pukul 19.30 WIB dengan harga tiket antara Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu. Disutradarai oleh Aris Mukadi berdasarkan naskah yang ditulisnya sendiri, pergelaran ini akan bertabur bintang tamu, dari kalangan pelawak, penyanyi hingga pejabat tinggi kepolisian dan TNI.

Lakon 'Suminten Edan' mengambil latar peristiwa berdarah yang terjadi di Kadipaten Ponorogo. Alkisah, wilayah timur kadipaten itu dilanda kerusuhan karena datangnya rampok-rampok dari lereng Gunun Wilis yang dipimpin Gagakwilis, Gagakliman, Simonbandot dan Simonebah. Adipati Ponorogo meminta bantuan para warok, yang dipimpin Warok Secodharmo.

Para jagoan itu pun berhasil mengusir rampok-rampok tersebut dan mengamankan Ponorogo. Sang Adipati pun memberi hadiah kepada Secodharmo. Rara Suminten, anak Secodharmo, dijodohkan dengan Raden Subroto, putra Adipati Ponorogo. Tapi, Raden Subroto menghilang dari Kadipaten karena enggan memperistri Suminten.

Gagal menikah, Suminten pun jadi gila. Namun, urusan tak berhenti di situ. Penolakan Raden Subroto atas Suminten pada akhirnya mengakibatkan bencana yang lebih besar, berupa pertumpahan darah di kalangan para warok.

Sebelumnya, Ludruk Kartolo Cs akan mengawali pergelaran dengan lakon 'Selor Margosono', Rabu (4/7/2012) malam nanti. Dengan naskah yang ditulis Eko DJ dari Srimulat, pementasan ini sekaligus akan menjadi ajang reuni para sahabat lama dan saudara seangkatan dari para seniman ludruk dan lawak.

Dua lakon ludruk yang seru tersebut akan semakin meriah dengan taburan bintang tamu seperti Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Untung S. Radjab, Pangdam Jaya Mayjen Waris, Uut Permatasari, Piyu 'Padi', Tarzan, Mamiek dan Tessy.

(mmu/mmu)
Baca Juga
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
BERITA TERBARU


MustRead X