Hot Profile

Mamah Dedeh, Penceramah Kondang yang Ingin Jadi Pelukis

Devy Octafiani - detikhot
Jumat, 15/06/2012 12:02 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/06/15/1303/Dedeh-Mamah-6dlm.jpg
Jakarta -
Mengaku tak pernah punya impian menjadi penceramah, namun penampilan Mamah Dedeh di televisi membuatnya dikenal oleh publik lewat program dakwahnya.

Sosok wanita asli Ciamis, Jawa Barat yang rutin tampil di TV setiap pagi bersama komedian Abdel dalam program 'Mamah dan Aa' ini tak cuma membuat acara dakwah menjadi ringan. Namun, juga menarik dan tidak membosankan.

Mamah, begitu ia biasa disapa, memang mengaku tak asing dengan dunia dakwah. Besar dari didikan ayahnya yang juga seorang penceramah dan ibu yang berprofesi sebagai guru mengaji membuatnya tergiring untuk mengikuti langkah kedua orangtuanya.

"Dulu waktu kecil suka dibonceng naik sepeda sama bapak saya kalau beliau ceramah ke mana-mana. Otomatis lama-lama saya kebawa," ujarnya saat ditemui detikHOT di kediamannya di kawasan Depok, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Tampil mengisi ceramah dari satu daerah ke daerah lainnya pun telah ia lakoni sejak kuliah pada 1967. Meski begitu, lulusan IAIN (sekarang UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat ini memiliki satu keinginan terselip yang batal ia wujudkan sebelum akhirnya memilih berdakwah sebagai jalan hidupnya.

Piawai menggambar sejak kecil, ustadzah yang hobi membaca buku ini sempat bercita-cita menjadi pelukis.

"Dulu sebenarnya ingin jadi pelukis, cuma nggak boleh sama Bapak, jadi fokus pelan-pelan ngikutin jejak beliau jadi penceramah juga," tuturnya.

(doc/hkm)
Baca Juga
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
BERITA TERBARU


MustRead X