Hot Profile

Kisah Angkie Yudistia, Wanita Tunarungu Menembus Batas (1)

Herianto Batubara - detikhot
Selasa, 08/05/2012 18:15 WIB
Halaman 1 dari 2
http://us.images.detik.com/content/2012/05/08/1303/angkiedlm.jpg Angkie Yudistia (Herianto/detikHOT)
Jakarta -
Keterbatasan sebagai penyandang tunarungu tak membuat Angkie Yudistia terpuruk. Founder dan CEO Thisable Enterprise itu malah menerabas 'tembok' bernama pesimisme dan bangkit berprestasi.

Namun pencapaian sukses perempuan kelahiran Medan, 5 Juni 1987 itu tak dengan mudah dilaluinya. Melainkan penuh caci dan diskriminasi hingga pernah membuatnya depresi.

Dikisahkan, Angkie mengalami tunarungu sejak berusia 10 tahun. Meski hal itu membuatnya terguncang, namun ia dan keluarga tetap memutuskan agar dirinya menempuh pendidikan di sekolah umum.



Praktis, keterbatasan Angkie itu menimbulkan banyak masalah selama belajar di SD hingga SMA. Tak jarang ia mengaku sering kali menerima cacian dan hinaan.

"Dulu aku diledekin, dikatain budek, tuli itu sering banget di lingkungan," ungkapnya. Ketika itu, rasa malu memang membuat Angkie menutupi jati dirinya sebagai penyandang tunarungu.

"Kalau ditanya, aku bilang, nggak apa-apa kok. Alat bantu dengar aku tutupi terus pakai rambut. Tapi nggak bisa dibohongi ya, dan bikin orang curiga aku kenapa. Aku sering dipanggil nggak denger, guru ngomong, nggak dengar," sambungnya lagi.  Next »

Halaman 12

(bar/mmu)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
BERITA TERBARU


MustRead X