Menyelamatkan Batik Kudus Lewat Kabaret

Is Mujiarso - detikhot
Selasa, 20/03/2012 16:24 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/03/20/1059/batikudus-dlm.jpg
Jakarta -
Ada yang berbeda pada pertunjukan EKI Dance Company kali ini. Pentas dengan tajuk 'Kabaret Oriental: Anak Emas Juragan Batik' yang digelar di Gedung Kesenian Jakarta, 20 - 24 Maret 2012 itu membawa misi khusus. Apa itu?

Sesuai dengan tajuknya, misi "tersembunyi" dari pertunjukan EKI tersebut berkaitan dengan batik. Tak heran jika dari segi cerita hingga ornamen dan properti pertujukan pun menggunakan batik. Dan, dalam hal ini khusus Batik Kudus. Mengapa Batik Kudus?

"Kami memang sengaja mengusulkan untuk mengangkat Batik Kudus yang mulai nyaris dilupakan sebagai salah satu warisan budaya dari batik pesisir Indonesia," ujar Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari.

Seperti diketahui, Bakti Budaya Djarum Foundation telah banyak mensponsori berbagai pertunjukan seni di Tanah Air dalam beberapa tahun ini. Termasuk, produksi EKI sejak 'Jakarta Love Riots (2010).

Renitasari bahkan tak segan 'meminjamkan' koleksi Batik Kudus pribadinya untuk kostum pertunjukan 'Kabaret Oriental'.

'Kabaret Oriental' berkisah tentang sebuah keluarga pengusaha batik keturunan Tionghoa yang tengah berjaya. Usaha batik mereka yang dimulai dari 3 "mbok-mbok" pembatik telah berkembang menjadi perusahaan besar yang berorientasi ekspor. Namun, di tengah kejayaan itu, intrik keluarga mulai muncul.

Disutradarai oleh Rusdi Rukmarata dan Nanang Hape, dengan iringan musik Oni Krisnerwinto, 'Kabaret Oriental' total melibatkan 300 orang dari pemeran, penari, koreografer, penata artistik hingga kru panggung. Selain tari dan musik, pementasan EKI kali ini juga dilengkapi dengan desain visual dance motion graphic.

Nama-nama beken pun bertebaran, dari Sarah Sechan, Uli Herdinansyah, Cynthia Lamusu, Bayu Octara hingga Ary Kirana. Di atas panggung mereka mengenakan busana dari bahan Batik Kudus yang anggun dan elegan.

(mmu/mmu)
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
BERITA TERBARU


MustRead X