Peringati Hari Tari, Solo Akan Menari 24 Jam

Muchus Budi R. - detikhot
Rabu, 27/04/2011 18:37 WIB
http://us.images.detik.com/content/2011/04/27/1059/tari-dlm.jpg (Andi Saputra/detikhot)
Solo -
Dalam rangka memperingati hari tari sedunia, Pemkot Surakarta dan Insitut Seni Indonesia (ISI) Surakarta akan menggelar pertunjukan tari selama 24 jam tanpa henti. Acara bertajuk 'Solo Menarik 24 Jam itu' digelar di lingkungan ISI Surakarta maupun di beberapa lokasi lain di Kota Solo. Walikota Surakarta diagendakan ikut menari berbaur dengan warga umum.

Acara tersebut akan digelar pada 29-30 April mendatang. Pertunjukan dimulai Jumat (29/4) pukul 06.00 WIB dengan lokasi di Lapangan Rektorat ISI Surakarta, dan ditutup Sabtu (30/4) pukul 06.00 WIB di Teater Kapal ISI Surakarta. Acara penutupan ditandai dengan orasi budaya oleh Goenawan Mohamad. Beragam tari dari berbagai daerah di Tanah Air akan ditampilkan, tradisional maupun tari modern.

"Pada hari itu semua insan tari akan menyuguhkan karya terbaiknya kepada masyarakat. Bahkan ada 11 penari yang berkomitmen untuk benar-benar menari selama 24 jam tanpa henti," ujar Panitia 'Solo Menari 24 Jam' Dwi Wahyudiarto kepada wartawan di Solo, Rabu (27/4/2011).

Dosen tari di ISI Surakarta itu menjelaskan, pada acara tersebut akan tampil ratusan seniman dan para mahasiswa ISI Surakarta, utusan sejumlah perguruan tinggi, 135 kelompok seni dari dalam maupun luar negeri, hingga kelompok-kelompok kesenian tradisional yang mulai langka. Tim-tim yang akan tampil, kata Wahyu, sudah memastikan akan datang.

Walikota Ikut Menari

Selain didukung para seniman profesional, 'Solo Menari 24 Jam' juga mengundang seluruh warga untuk ikut bergabung menari bersama. Bahkan, Walikota Surakarta Joko Widodo  dipastikan akan ikut menari bersama masyarakat umum dan para seniman.

"Seperti tahun lalu, tahun ini Pak Walikota juga akan ikut menari bersama para seniman dan ribuan warga Solo dalam acara Solo Menari. Pak Wali akan ikut menari di depan Loji Gandrung (rumah dinas walikota -red) pada Jumat (29/4) pukul 08.00 WIB," ujar Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Pemkot Surakarta Purnomo Subagyo.

Selain di depan rumah dinas walikota, lokasi-lokasi yang disediakan untuk pergelaran tari massal itu adalah di city walk Jalan Slamet Riyadi, Solo Grand Mall, depan Taman Sriwedari, depan Solo Square, Ngarsopuro, kompleks istana Mangkunegaran, dan SMKN 8 Surakarta.

Acara menari 24 jam sebenarnya bukan hal yang baru bagi ISI maupun warga Solo. Sejak 2007,  setiap tanggal 29-30 April, ISI Surakarta selalu menggelar acara tersebut di lingkungan kampusnya di Jalan Ki Hajar Dewantoro, Kentingan, Solo. 'Agenda tahunan' ISI tersebut kemudian direspon oleh Pemkot Surakarta untuk meningkatkan daya tarik wisata kota.

(mbr/mmu)
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
BERITA TERBARU


MustRead X