KPU Gandeng IDI Uji Kesehatan Capres dan Cawapres

Muhammad Taufiqqurahman - detikhot
Kamis, 19/02/2009 16:50 WIB
http://us.images.detik.com/content/2009/02/19/700/kpudalam.jpg
Jakarta -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk melakukan pemeriksaan pada calon presiden dan calon wakil presiden pada pemilu presiden 2009.

"KPU bersama Ikatan Dokter Indonesia akan membicarakan pemeriksaan kesehatan calon-calon pasangan capres dan cawapres," ujar Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary di Media Center KPU, Jl. Imam Bonjol, Jakarta Selatan, Kamis (19/2/2009).

Abdul mengatakan, dalam pasaL 5 UU no 42 Tahun 2008 disebut salah satu syarat calon presiden dan wakil presiden adalah mampu secara rohani dan jasmani untuk melaksanakan tugas dan kewajiban presiden
dan wakil presiden.

"Dan untuk memenuhi persyaratan UU ini, maka KPU berkerjasama dengan IDI yang selanjutnya ditindaklanjuti oleh masing-masing pihak," katanya.

KPU dan IDI akan membuat nota kesepahaman pada 25 februari 2009 mendatang dan akan dilanjutkan dengan pembuat peraturan-peraturan pemilu.

Sementara itu, Ketua Umum IDI Fachmi Idris menjelaskan, IDI datang
memenuhi undangan KPU dengan agenda mekanisme pemeriksaan capres dan cawapres.

Nantinya KPU akan meminta IDI untuk menentukan person calon-calon dokter yang melakukan pemeriksaan yang kemudian akan disahkan oleh KPU.

"Jadi yang bekerja nanti atas nama KPU," imbuhnya. (fiq/mok)
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
BERITA TERBARU


MustRead X