Konser Penantian 18 Tahun Weezer di Jakarta

Adhie Ichsan - detikhot
Rabu, 09/01/2013 00:12 WIB
Konser Penantian 18 Tahun Weezer di JakartaKonser Weezer di Jakarta (Rachman Haryanto/detikHOT)
Jakarta -
Sejak meluncurkan album perdananya pada Mei 1994 silam, akhirnya Weezer tampil di hadapan para penggemar di Jakarta, Selasa (8/1/2013) malam. Penantian selama 18 tahun pun terbayarkan lewat aksi Rivers Cuomo cs yang interaktif dengan penonton.

Saat jumpa pers sehari sebelum penampilannya di Lapangan D, Senayan, para personel Weezer mengaku belum pernah mendengar tentang Indonesia sebelumnya. Tetapi, karena banyaknya permintaan dari penggemar di Indonesia lewat social media, serta dukungan mereka selama ini kepada band, Weezer pun merasa terpanggil.

Bahkan yang mengejutkan, Rivers Cuomo sang vokalis begitu fasih melafalkan beberapa kata dengan bahasa Indonesia. Selama interaksi bersama penonton di sepanjang konser, ia kerap melontarkan kalimat-kalimat yang terdengar lucu.

Jakarta adalah kota pertama yang dikunjungi band berusia 20 tahun itu dalam tur keliling dunianya, dan menjadi satu-satunya kota di Asia. Setelah itu, Weezer akan melanjutkan konser di Australia dan Amerika Serikat.

Sebelum konser dimulai, Rivers yang tampil smart casual dengan balutan jaket orange, terlebih dahulu melakukan cek sound singkat sambil melakukan gerakan pemanasan seperti olahragawan. Ia juga sempat meladeni permintaan foto dari penonton di barisan depan.

Tak lama kemudian, Patrick Wilson (Drum), Brian Bell (Gitar), Scott Shriner (Bass) muncul ke atas panggung. Kain besar berwarna emas dengan tulisan 'Weezer' dinaikkan.

"Kami Weezer," seru Rivers dengan bahasa Indonesia yang kemudian disambut teriakan penonton. Mereka kemudian langsung membawakan lagu 'I Want You To' sebagai pembuka konser.

Sesuai janjinya, Weezer membawakan lagu-lagu seperti, 'Pork And Beans' dan 'Troublemaker' dari The Red Album, 'Beverly Hills', 'Island In the Sun', 'Perfect Situation', hingga 'El Scorcho' dari album Pingkerton.

Dalam perjalanan kariernya Weezer telah menjadi salah satu band yang menentukan peta musik rock alternatif di industri musik dunia. Album pertama mereka The Blue Album yang dirilis pada Mei 1994 berhasil mendapatkan kategori triple platinum di Amerika, dan dobel platinum di Canada.

Pinkerton yang dirilis dua tahun kemudian, mungkin tak sesukses album sebelumnya, namun secara lambat laun album ini mendapat tempat di hati para penggemar, dan mampu bertengger peringkat 48 dari 100 album terbaik di era 1990-an versi Majalah Rolling Stones AS.

Kembali ke jalannya konser, Rivers Cuomo juga sempat menyuruh masing-masing teman bandnya untuk bernyanyi di awal konser. Yang cukup mengejutkan, Patrick Wilson, Brian Bell, Scott Shriner ternyata memiliki kualitas suara yang bisa disandingkan dengan vokalis band lain. Selain memainkan instrumen musik masing-masing, mereka juga menjadi backing vokal.

Usai membawakan lagu ke-11, 'Tired of Sex' para personel Weezer juga sepertinya sudah kelelahan. Mereka kemudian menghilang ke belakang panggung.

Namun, sekitar 10 ribu penonton yang memadati arena konser tak dibiarkan begitu saja menunggu idolanya kembali beraksi. Selama jeda, mereka disuguhkan foto-foto perjalanan band yang mulai terbentuk pada 1992 lalu itu.

Ada foto ketika Rivers Cuomo sedang berlatih karate, foto pertama kali untuk cover album, foto garasi yang menjadi tempat latihan pertama Weezer, ulasan pertama dari media setempat tentang Weezer (yang berisi kritik), hingga foto-foto yang menceritakan awal bergabungnya Brian Bell. Penonton tak hanya disuguhi penampilan musik secara live, namun juga visualisasi sejarah band tersebut.

Konser berlanjut dengan lagu-lagu seperti 'My Name Is Jonas', 'Undone', 'No One Else', 'In the Garage'. Rivers Cuomo telah mengganti kostum, dan terlihat lebih bad boy setelah melepas kacamatanya.

Di pertengahan konser, hujan sempat mengguyur sesaat, namun tak satupun penonton yang beranjak. Arena konser yang becek juga tak menjadi halangan untuk melompat dan berjoget sepanjang konser hingga 'Only In Dreams' dipilih sebagai penutup.

Lagu terakhir yang dinyanyikan Weezer itu, seolah memutuskan 'aliran listrik' dari penonton yang sedang berada dalam tekanan tinggi. Ribuan penonton masih bertahan mengharapkan encore, namun sosok yang ditunggu tak kunjung datang.

Total, Weezer menyanyikan 21 lagu dalam konser yang digelar Asia Live, BlackRock Entertainment, Marygops Studios dan StarD Protainment itu.


(ich/ich)
Rivers tampil smart casual dengan balutan jaket orange.
FOTO VIDEO TERKAIT
Siap Saksikan Konser Weezer Nanti Malam?
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,


MustRead X