Kibordis Deep Purple Tutup Usia

Yulia Dian - detikhot
Selasa, 17/07/2012 09:40 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/07/17/228/jonlord4d.jpg Jon Lord (jonlord.org)
Jakarta -
Band pelantun hits 'Smoke on the Water' Deep Purple sedang berduka. Salah satu personel mereka yaitu sang kibordis Jon Lord baru saja tutup usia.

Jon meninggal di usianya yang ke-71. Pria kelahiran Leicester, Inggris itu meninggal karena penyakit kanker pankreas yang dideritanya.

Jon menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin (16/7/2012) waktu setempat di klinik London. Ia didampingi keluarga terdekat hingga di akhir hayatnya. Demikian dilansir situs resminya, jonlord.org, Slasa (17/7/2012).

Jon stop eksis di pentas untuk menjalani perawatan dan pengobatan sejak tahun lalu. Meski penyakit yang dideritanya cukup ganas, Jon tak pantang menyerah. Ia bahkan berharap bisa kembali ke pentas tahun ini.

Pria yang dinilai sangat low profile itu mulai menunjukkan kecintaannya pada piano sejak kecil. Ia kemudian mengambil les piano klasik sebelum akhinya memilih jazz dan rock n roll untuk didalaminya.

Di usia 19 tahun Jon mulai bermain piano di bar dan klab malam. Ia bergabung dengan band blues bentukan kakak Ronnie Wood yaitu Artwoods pada 1964. Sayangnya band tersebut tak menuai sukses secara global.

Artwoods bubar, Jon lalu bergabung dengan band psychedelic pop The Flowerpot Men. Setelah itu ia membentuk Deep Purple pada 1968. Sejak 2002 silam, ia dan band mulai jarang terlihat manggung bersama.

(yla/ast)
Baca Juga
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


MustRead X