Main Stage

Harisu, Artis Korea Transgender Pertama

Annisa Steviani - detikhot
Kamis, 05/07/2012 11:01 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/07/05/1180/harisu4d.jpg Harisu (ist.)
Jakarta -
Dunia hiburan Korea ternyata juga diwarnai oleh selebriti transgender. Harisu yang kini berusia 37 tahun tercatat sebagai selebriti transgender pertama yang sukses di dunia hiburan Korea Selatan.

Harisu adalah nama panggungnya. Ia terlahir 17 Februari 1975 dengan nama Lee Kyung Yeop dan kemudian berubah menjadi Lee Kyung Eun. Harisu memutuskan untuk menjalani operasi perubahan kelamin pada 1995. Ia adalah orang kedua di Korea yang memutuskan untuk berubah gender secara resmi.

Debutnya di televisi dimulai saat ia ambil bagian sebagai pemeran pendukung di sebuah serial drama tahun 1991. Saat itu ia masih tampil sebagai laki-laki. Harisu pun tampil di beberapa judul lainnya namun namanya belum menarik perhatian publik.

Nama Harisu baru mulai populer tahun 2001 lalu. Ia tampil dalam sebuah iklan kosmetik di televisi. Iklan yang memperlihatkan dirinya sebagai transgender itulah yang menjadi tonggak popularitasnya sampai ia bisa merambah dunia akting dan musik.

Di tahun yang sama, Harisu juga membintangi film pertamanya 'Yellow Hair 2', dilanjutkan dengan 8 judul film lainnya. Ia bahkan pernah tampil dalam sebuah drama Taiwan dan sebuah film produksi Malaysia.

Tak hanya di dunia akting, karier menyanyinya pun bisa dikatakan sukses. Sampai tahun 2007 Harisu telah merilis 5 album di Korea dan beberapa lagunya dirilis di China berbahasa Mandarin.

Menjadi transgender dan pusat perhatian tentu bukan jalan yang mudah. Harisu harus menghadapi keluarga yang awalnya tak mendukung sampai kru produksi film yang tak percaya pada dirinya hanya karena ia seorang transgender.

Bagaimana cerita Harisu sampai memutuskan menjadi perempuan seutuhnya? Bagaimana pula kisahnya sampai bisa debut di dunia hiburan Korea? Tunggu artikel selanjutnya di Main Stage KPop detikHOT!

(ast/mmu)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
BERITA TERBARU


MustRead X