Kasus Plagiarisme, Park Jin Young Digugat $103 Ribu

Annisa Steviani - detikhot
Kamis, 14/07/2011 11:54 WIB
http://us.images.detik.com/content/2011/07/14/1180/park-jinyoung.jpg Park Jin Young (ist.)
Jakarta -
Pada Januari 2011 lalu kasus dugaan plagiarisme yang melibatkan bos JYP Entertainment, Park Jin Young mencuat ke media massa. Saat itu pencipta lagu asli, Kim Shin Il menyatakan akan membawa kasus ini ke pangadilan.

Setelah melalui berbagai proses, akhirnya Jin Young dinyatakan digugat sebesar $103 Juta. Demikian seperti dilansir Nate, Selasa (12/7/2011).

Kasus ini berawal ketika lagu 'Someday' yang diciptakan Jin Young ternyata "sangat mirip" dengan lagu berjudul 'To My Man'. 'Someday' dinyanyikan oleh IU untuk soundtrack serial 'Dream High. Sementara 'To My Man' dibawakan oleh ASH pada 2005 lalu.

"Bagian intro dari 'Someday' sangat mirip dengan 'To My Man'. Secara umum, dari ritme dan harmoni, seluruh lagu itu juga hampir sama dengan lagu yang saya ciptakan," papar pencipta lagu 'To My Man', Kim Shin Il.

"Hanya karena bagian intro sangat mirip, bukan berarti lagu tersebut bisa disebut sebagai hasil plagiarisme," bantah juru bicara JYP Entertainment. Meskipun demikian, ia menegaskan pihak JYP Entertainment tetap akan mengikuti semua proses hukum yang berlaku.




(mmu/mmu)
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


MustRead X