Salacca Zalacca: Zeke Khaseli Coba Berbagi Dunianya

Yulia Dian - detikhot
Rabu, 14/07/2010 17:37 WIB
http://us.images.detik.com/content/2010/07/14/217/zeke2d.jpg Salacca Zalacca (Jangan Marah Rec)
Jakarta -
Album salak. Begitu Zeke Khaseli menyebut album perdananya yang bertajuk 'Salacca Zalacca'. Lewat album ini Zeke mencoba berbagi dunianya.

"Kapan terakhir kali loe beli salak? Kalau ke supermarket pasti beli apel atau jeruk kan? Kalau salak?" tanya Zeke ketika berbincang dengan detikhot via ponselnya, Rabu (14/7/2010).

Menurut mantan vokalis Zeke & the Popo itu logikanya salak juga dijual di tempat yang sama dengan apel dan jeruk. Lalu kenapa album 'Salacca Zalacca' harus dibilang segmented dan jauh berbeda dari yang lain? Coba kita ulas lebih dalam.

Jika didengarkan sekilas, lagu-lagu di album ini mungkin tidak seperti karya-karya musisi kebanyakan yang mudah diingat atau dinyanyikan. Musiknya dikemas dengan banyak improvisasi sementara liriknya sangatlah lugas. Apa yang Zeke pikirkan dituangkan dengan tepat. Apa yang Zeke ucapkan, kembali dilafalkan lewat lagunya. Lebih seperti berbicara pada seorang teman, bukan bernyanyi.

Sebenarnya, track-track di album 'Salacca Zalacca' sudah pernah diperdengarkan lewat situs Zekekhaseli.com dan bisa diunduh secara gratis. "Kalau kemarin lewat internet, gue tahu siapa-siapa aja yang dengar. Tapi kalau "dibukukan" seperti ini kan seru, nggak tahu siapa aja yang beli," tuturnya.

'Pipis di Celana' adalah single untuk album ini. Sementara rencananya tak lama lagi 'Don't Worry Darlin' akan dijadikan sebagai single keduanya. Nada-nada di lagu 'Pig Paranoia' mungkin terdengar tidak asing, sebelumnya nada tersebut dipakai Zeke sebagai scoring di film 'Fiksi'. Kini melodi tersebut dibuat penuh dalam sebuah lagu.

"Di situ gue ngerap, biar orang nggak terlalu bosan," jelasnya.

Masih belum menemukan titik terang untuk mengerti album Zeke lewat review ini? Mungkin memang seharusnya Anda stop membaca dan mulai membeli albumnya.

Tracklist album 'Salacca Zalacca' Zeke Khaseli:
1. 11.01
2. Ballet Paranormal
3. Blue Bird Taxi
4. BOYlien 9 No. 1
5. Dark Justice
6. D.L.M.B.G.T
7. Don't Worry Darlin'
8. Galau is so 2002
9. Ketimur-timuran
10. Man of the Hour
11. Micky-cola
12. Midget Couple Role Model
13. Om Patung: vol 1
14. Pig Paranoia
15. Pipis di Celana
16. Ratu Plaza
17. "Shit" is so Yesterday, "Moralist Happens"

(yla/iy)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


MustRead X