Rangkaian 8 Acara Siap Semarakkan Hari Film Nasional ke-64

M Iqbal Fazarullah Harahap - detikhot
Rabu, 26/03/2014 15:59 WIB
Rangkaian 8 Acara Siap Semarakkan Hari Film Nasional ke-64
Jakarta -
Tahun 2014 ini, insan perfilman Indonesia akan merayakan hari rayanya pada 30 Maret mendatang. Dengan mengusung tema 'Bangga Film Indonesia', seluruh masyarakat akan diajak untuk mendalami seluk-beluk perfilman Indonesia lewat serangkaian acara.

Bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta Pusat, Rabu (26/3/2014), diumumkan delapan acara yang akan menyambut Hari Film Nasional, yang digelar mulai Kamis (27/3) besok hingga 30 Maret. Aa saja?

1. 'Orasi Sinema' bertemakan 'Film Indonesia dan Identitas Nasional dalam Kondisi Pascanasional'. Acara pembuka ini akan diadakan Kamis (27/3) di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

2. Roadshow dan Diskusi Film. Dua film festival Indonesia, '9 Summers 10 Autumns' dan 'Sagarmatha' akan diputar di Semarang dan Banjarnegara pada Kamis (27/3/2014).

3. Workshop Akting dan Pemutaran Film di 7 SMP/SMA se-Jabodetabek. Di sini organisasi Rumah Aktor Indonesia (RAI) akan mengambil peran dan memberikan pengajaran mulai tanggal 27 Maret-4 April 2014 mendatang.

4. Ziarah dan Tabur Bunga. Bertepatan dengan tahun ke-64 Hari Film Nasional, Minggu (30/3), diadakan tabur bunga di makam sutradara Usmar Ismail, TPU Karet Bivak dan artis Sofya WD, TMP Kalibata

5. Syukuran. Bertempat di Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta Pusat, akan diadakan potong tumpeng memperingati ulang tahun Hari Film Nasional ke-64.

6. Video Kampanye 'Ayo Ke Bioskop'. Video tersebut akan disosialisaikan lewat iklan di bioskop maupun media sosial.

7. Bicara Film dan Meet & Greet Bareng Garin Nugroho dan Direktur Asiatica Film Mediale, Roma, Italo Spinelli. Acara ini akan digelar di Djakarta Theatre XXI pukul 15.00 WIB, Selasa (1/4/2014).

8. Malam Puncak. Acara malam puncak Hari Film Nasional akan digelar di Djakarta Theatre XXI, Selasa (1/4/2014).

Tidak sekedar ramah-tamah, dua acara puncak juga akan dilaksanakan, pertama adalah penyerahan Piala Antemas untuk film terlaris. Dan kedua, Pemutaran film 'Darah dan Doa' sebagai film pertama Usmar Ismail, Bapak Film Indonesia.

"Ini adalah momentum yang baik bagi kita untuk memberi makna, bahwa film nasional tidak boleh mati," tegas Ketua Badan Perfilman Indonesia, Alex Komang.

(hap/mmu)
<p>Film yang akan direstorasi ataupun digitalisasi datang dalam format seluloid, positiv, dan negatif.</p>
FOTO VIDEO TERKAIT
Sederet Artis Peringati Hari Film Nasional di Istana Negara
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,


MustRead X