Karya Mouly Surya Masuk Kompetisi Sundance Film Festival 2013

Adhie Ichsan - detikhot
Kamis, 29/11/2012 13:59 WIB
Karya Mouly Surya Masuk Kompetisi Sundance Film Festival 2013
Jakarta -
Film panjang kedua karya sutradara Mouly Surya, 'Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta' menjadi film Indonesia pertama yang akan berkompetisi di Festival Film Sundance 2013. Film tersebut akan bersaing dalam kategori the World Dramatic Competition.

Sesi ini merupakan ajang kompetisi bagi film-film panjang yang berasal dari negara selain Amerika Serikat. Film yang memiliki judul internasional 'What They Don’t Talk About When They Talk About Love' itu akan berkompetisi dengan 12 film yang berasal dari negara lain diantaranya Jerman, Korea Selatan, Inggris dan Italia.

Sundance Film Festival diselenggarakan setiap akhir Januari sejak tahun 1978 bertempat di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat. Pada tahun 2012, festival ini dihadiri lebih dari 50.000 pecinta film dari seluruh dunia.

Tahun ini terdapat 12,146 film yang masuk selekai dan telah terpilih 113 film untuk mengikuti festival. Nama-nama besar dunia perfilman setiap tahun tidak pernah absen dalam mengikuti Sundance Festival.

Tahun ini nama-nama tersebut diisi oleh Daniel Radclife yang berakting dalam sebuah film berjudul 'Kill Your Darlings', Rooney Mara dan Casey Affleck yang berakting dalam film 'Ain’t Them Bodies Saints', Kristen Bell dalam 'The Lifeguard' dan Jessica Biel dalam 'Emanuel and the Truth About Fishes'.

“Adalah suatu kehormatan untuk bisa mewakili Indonesia menayangkan film ini di Sundance. Saya selalu bermimpi ingin kesitu,” kata sutradara perempuan Indonesia pertama yang memenangkan Piala Citra untuk kategori Sutradara Terbaik melalui film 'Fiksi' pada tahun 2008 itu.

'Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta' bercerita tentang kompleksitas hubungan cinta yang muncul pada penyandang disabilitas. Fitri yang tuna netra bertemu dengan Edo yang tidak bisa bicara.

Jika saja Fitri dapat melihat dan Edo dapat bicara, mereka mungkin sudah saling jatuh cinta sejak lama. Ada juga cerita tentang Diana yang hanya mampu melihat dalam jarak dua centimenter.

Yang didambakan oleh Diana hanyalah momen pertama ia mendapatkan menstruasi yang tak kunjung datang. Ketika Diana bertemu Andhika, seorang murid baru Sekolah Luar Biasa tempat Diana dan Fitri belajar, hidup Diana pun mulai berubah.

“Ide film ini lahir ketika saya bertemu dengan saudara yang tidak bisa melihat, tetapi terlihat asik sendiri meng-update status Facebook-nya lewat telepon genggam,” tambah Mouly dalam keterangan pers yang dikirimkan ke detikHOT, Kamis (29/11/2012).

Film itu dibintangi oleh Nicholas Saputra, Ayushita Nugroho, Karina Salim, Anggun Priambodo, dan artis senior Jajang C. Noer. Selain itu, Mouly kembali menggandeng beberapa nama dari 'Fiksi', seperti Zeke Khasali sebagai penata musik, yang mengantarkan 'Fiksi' memenangkan kategori musik pengiring terbaik di Festival Film Indonesia 2008.

Pengambilan gambar dilakukan di Sekolah Khusus Tunanetra Dwituna Rawinala, dimana kita dapat mendengar musik di setiap sudut dan di setiap langkah.

'Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta' diproduksi oleh Cinesurya Pictures dan Amalina Pictures, serta mendapat dukungan sejumlah pendanaan internasional, yaitu Goteborg International Film Festival Fund dari Swedia, Asian Project Market dari Korea, dan Hubert Bals Fund dari Belanda.


(ich/ich)
FOTO VIDEO TERKAIT
Kece! Kristen Stewart Tampil Boyish
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,


MustRead X