Si Jenius Humor Nora Ephron Meninggal Dunia

Adhie Ichsan - detikhot
Rabu, 27/06/2012 11:17 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/06/27/229/nor-dlm.jpg
Jakarta -
Hollywood kehilangan salah satu seniman film terbaiknya. Sutradara dan penulis skenario legendaris Nora Ephron meninggal dunia pada usia 71, Selasa,(26/6/2012) malam waktu setempat.

Menurut sang anak, Jacob Bernstein, Nora menghembuskan napas terakhirnya karena penyakit pneumonia akibat leukemia myeloid akut. Demikian dilansir New York Times, Rabu (27/6/2012).

Nora yang lahir pada 19 Mei 1941 itu terkenal lewat film-film komedi romantis. Ia mendapatkan nominasi Academy Awards untuk kategori Writing Original Screenplay di tiga filmnya 'Silkwood', 'When Harry Met Sally' dan 'Sleepless in Seattle'.

Dalam pidato yang disampaikan di kampus almamaternya Wellesley College pada 1996, Ephron pernah mengatakan bahwa wanita dari generasinya tidak diharapkan untuk melakukan apa-apa. Tapi dia akhirnya memiliki beberapa karier, semuanya berhasil dan banyak dari pekerjaan tersebut dilakukan secara bersamaan.

Ephron adalah seorang jurnalis, blogger, penulis esai, novelis, dramawan, penulis skenario dan sutradara film yang dalam industri tersebut didominasi oleh pria. Filmnya yang berhasil masuk jajaran box office antara lain 'You've Got Mail' dan 'Julie & Julia'.

(ich/mmu)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


MustRead X