Mengenang Mendiang Aktor Lawas Faizal Riza Rachmat

Ilham Bintang - detikhot
Selasa, 12/06/2012 19:57 WIB
Mengenang Mendiang Aktor Lawas Faizal Riza RachmatFaizal Riza Rachmat (SelebOnFire)
Jakarta -
Faizal Riza Rachmat, aktor dan produser film nasional terkenal di tahun 80-an, meninggal dunia dalam usia 66 tahun pada Minggu, (10/6/2012) pukul 11.00 WIB. Jenazah almarhum yang meninggalkan seorang istri, 4 anak dan dua cucu itu dimakamkan Senin (11/6) pagi di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Saya berada di Bali ketika menerima kabar duka itu melalui Ketua Umum PPFI (Persatuan Perusahaan Film Indonesia), Firman Bintang.

Innalillahi Waiina Ilahi Rojiun. Pria energik itu telah tiada. Faizal memiliki pergaulan yang luas, kawannya dari masyarakat bawah hingga tingkat pejabat dan menteri. Dulu, Faizal termasuk dekat dengan kalangan wartawan film, sangat setia menopang gagasan memajukan perfilman Indonesia. Ia juga pernah menjadi salah satu pengurus di PPFI.

Kontak saya terakhir dengan Faizal sekitar tiga bulan lalu. Ia memang sudah lama meninggalkan dunia film. Terakhir almarhum disibukkan oleh kegiatan LSM Fosad (Forum stud aksi demokrasi) yang dibentuknya di awal Indonesia memasuki era reformasi. Lewat LSM itulah ia kerap melontarkan kritik pada ketimpangan sosial.

Faizal mengawali debutnya di dunia film sebagai aktor pada tahun 70-an. Tidak lama setelah kembali ke Tanah Air sehabis menyelesaikan kuliahnya di Jerman.

Di awal debutnya sebagai aktor, hampir setiap minggu wajahnya menghiasi halaman depan media media hiburan. Pemberitaannya terkait hubungan mesranya dengan artis film seksi masa itu, Tuty Suprapto. Tuty tidak hanya dikenal sebagai artis, tetapi juga terkenal sebagai produser film produktif dengan bendera perusahaan film Tuty Jaya Pictures, miliknya.

Faizal Riza pertama kali menikah dengan artis Hanna Wijaya, yang sekarang berprofesi sebagai notaris. Dari Hanna Faizal dikaruniai dua anak, yang belakangan memberinya 2 cucu.

Setelah bercerai dengan Hanna, Faizal kemudian menikah dengan artis terkenal Debbie Chintya Dewi, kakak artis Rini S Bono. Pernikahan ketiga Faizal dengan Titi membuahkan seorang anak.

Pada masa bergelut dengan dunia film, perusahaan film Faizal yaitu PT Ariza Jaya Film tercatat sebagai perusahaan film iklan produktif. Ia menahkodai perusahaan itu dengan kakak dan adiknya yaitu Ade dan Farid Riza. Farid Riza adalah ayah dari almarhum penyanyi terkenal Alda Rizma.

Salah satu film cerita produksi Faizal yang terkenal adalah " Musang Berjanggut". Film kerjasama dengan Pemda Sumut itu dibintangi sejumlah artis papan atas di masa itu, antaranya Roy Marten, Benyamin S, Rini S Boni, Ateng dan Iskak.

Selamat jalan kawan, semoga Allah SWT menerima semua amal ibadahmu.

(ich/ich)
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,


MustRead X