Wow, Film Klasik 'Lewat Djam Malam' Diputar di Cannes Film Festival

Arum Kinanti Handa Riyadini - detikhot
Senin, 04/06/2012 21:35 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/06/04/229/lewatdlm.jpg Lewat Djam Malam (Youtube)
Jakarta -
Kabar membanggakan kembali datang dari dunia perfilman Tanah Air. Film klasik 'Lewat Djam Malam' arahan sutradara Usmar Ismail telah diputar di Cannes Film Festival pada 17 Mei lalu.

Menurut Alex Sihar dari Yayasan Konfiden, pemutaran 'Lewat Djam Malam' di Cannes Film Festival bermula dari ketertarikan World Cinema Foundation (WCF) untuk mengedarkan film tersebut ke seluruh dunia. WCF adalah yayasan milik sutradara Martin Scorsese.

"Ini pertama kali film Indonesia di Cannes klasik," ujar Alex saat jumpa pers di PPHUI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (4/6/2012).

Menurut Alex, banyak pengunjung yang antusias menonton 'Lewat Djam Malam'. Bahkan ada salah seorang penyelenggara festival film internasional tersebut yang bilang kepadanya, "Tidak pernah film klasik yang ditonton dengan banyak orang seperti ini."

Film 'Lewat Djam Malam' baru saja direstorasi atas kerjasama sejumlah pihak antara lain, National Museum of Singapore, Yayasan Konfiden, Yayasan Sinematek, kineforum Dewan Kesenian Jakarta, dan WCF.

"Proyek restorasi ini sebuah pekerjaan yang mempermalukan kita, orang asing yang mau mempekerjakan ini," sesal Sahabat Sinematek Totot Indarto.

'Lewat Djam Malam' menceritakan kisah ketika Indonesia baru saja memproklamasikan kemerdekaannya dari penjajahan Belanda. Pada masa itu, tentara masih berusaha menguasai keadaan dan menyelenggarakan jam malam di Kota Bandung.

Rencananya, 'Lewat Djam Malam' akan dirilis di bioskop pada 21 Juni mendatang.


(ich/fk)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


MustRead X