Jolie Bantah Filmnya Muat Adegan Perkosaan Perang Bosnia

Eny Kartikawati - detikhot
Senin, 18/10/2010 17:18 WIB
http://us.images.detik.com/content/2010/10/18/229/joliegetty285.jpg Jolie (GettyImages)
Jakarta -
Aktris Angelina Jolie yang tengah mencoba menjadi sutradara dilarang melakukan syuting di Bosnia. Film Jolie tidak dapat izin karena disebut-sebut akan memuat adegan perkosaan korban perang Bosnia.

Isu itulah yang akhirnya membuat sebuah organisasi perempuan di Bosnia memprotes film garapan kekasih Brad Pitt tersebut. Organisasi itu khawatir layar lebar Jolie bisa melukai hati para korban perang.

Jolie tidak menyalahkan organisasi perempuan yang mengkritisi karyanya. Ia sadar betul layar lebarnya bisa mendapat kecaman karena mengangkat isu yang sensitif dan masih segar dalam ingatan.

"Harus ditangani dengan sehati-hati mungkin," katanya.

Dalam wawancara eksklusif dengan USA Today, Jolie pun meluruskan isu miring tentang filmnya. Ia ditemui di sela-sela syuting di Budapest, Hongaria.

"Ada isu kotor yang mengatakan kalau filmku akan mengisahkan sebuah hubungan yang berawal dari perkosaan dan penyiksaan, itu tidak benar," tegasnya seperti dilansir USA Today, Senin (18/10/2010).

Isu tersebut memang berkembang cepat di Bosnia. Sampai-sampai pemerintah negara itu pun membatalkan izin syuting yang sebelumnya sudah dikantongi bintang 'Salt' itu.

Dalam perang Bosnia yang meletus pada 1992 itu, lebih dari 100 ribu orang meninggal. Tentara Serbia dikabarkan memperkosa setidaknya 1.000 perempuan muslim Bosnia. Perang itu sungguh jadi sejarah yang memilukan.

Perempuan yang dikenal sebagai duta PBB untuk pengungsi itu sadar benar akan hal di atas. Ia tidak akan menjual peristiwa menyedihkan tersebut. Lantas apa sebenarnya kisah yang diangkat aktris berbibir seksi itu dalam filmnya?

Jolie menjelaskan, layar lebarnya akan menceritakan percintaan antara seorang pria muda Serbia dengan seorang perempuan muslim Bosnia. "Sebuah hubungan yang dimulai di sebuah klub, sebelum perang. Dua tokoh utamanya memulai kisah mereka dengan bahagia, indah, nyanyian dan tarian. Sebuah hubungan yang normal, seperti pada umumnya," urai aktris yang pernah memenangkan Piala Oscar lewat perannya di film 'Girl, Interrupted' itu.
(eny/mmu)
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


MustRead X