DetikHot

art

'KOSMIK Day' Angkat Isu Kriminalisasi dan Pelanggaran HAM

Jumat, 08 Apr 2016 11:55 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
KOSMIK Day Angkat Isu Kriminalisasi dan Pelanggaran HAM Foto: Kosmik
Jakarta - KOSMIK dan M&C Gramedia bekerja sama dengan KontraS akan mengadakan diskusi dan workshop mengenai sosialisasi isu pelanggaran HAM dan kriminalisasi. Diskusi tempat berkumpulnya komikus itu berlangsung di Gramedia Matraman-Jakarta pada 9 April mendatang.

Tema yang diangkat oleh Kosmik MOOK yakni majalah kompilasi komik Indonesia salah satunya terdapat dalam komik 'Not My Hero' karangan Bonni Rambatan. Konflik dalam cerita Not My Hero mengingatkan pada beragam isu kriminalisasi dan pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia.

"Dominasi kepentingan politik dan ekonomi kerap mengaburkan realita yang sebenarnya; menyebabkan pihak yang seharusnya menjadi korban justru "dipaksa" menjadi pihak bersalah," ujar komikus Booni, Jumat (8/4/2016).

Simak: Cirque du Soleil Pentaskan Kolaborasi Akrobat dan Broadway

Lewat komik, Bonni ingin menunjukkan terkadang permasalahannya tidak sesederhana persoalan karakter dan moral. "Seringkali, infrastrukturlah yang justru lebih berperan menciptakan kejahatan."

Di komik 'Not My Hero', konflik antara ​ superhero dan monster terjadi dalam dunia nyata dan menjadi bahan pemberitaan media. Media mengangkat ​ superhero sebagai pahlawan yang menyelamatkan masyarakat dari monster jahat. Namun, di balik pemberitaan itu, ternyata tayangan tersebut tidak sepenuhnya benar. Terdapat skenario yang digunakan untuk melindungi kepentingan korporasi besar. Konflik menjadi semakin rumit ketika dominasi kepentingan ekonomi dan politik kemudian memaksa "para korban" menjadi pihak bersalah. Para monster yang publik kecam sebagai biang kerusuhan dan teror ternyata adalah manusia yang karena himpitan ekonomi.

Bekerja sama dengan KontraS, tujuan 'KOSMIK Day' adalah mengedukasi publik tentang bagaimana menyikapi isu dan pemberitaan kriminalitas dan pelanggaran HAM, khususnya lewat komik. Nantinya, akan ada tiga pembicara yang berpartisipasi.

Mereka adalah komikus 'Not My Hero' Bonni Rambatan, Haris Azhar dari KontraS, dan Airlangga Pribadi Kusman (Dosen Ilmu Politik Universitas Airlangga). Diskusi ini akan dimoderatori oleh ​Jhosephine Tanuwijaya.


(tia/mmu)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed